Lumba-Lumba kiluanLampung, mendengar nama provinsi itu, jujur awalnya tidak begitu menarik, mungkin. Ya, wajar saja bila dibanding dengan Bali, Yogyakarta, Lombok, Derawan, Wakatobi, atau Aceh. Apa yang bisa dinikmati di Lampung ? Berikut sejumlah destinasi yang bisa kita kunjungi.

1. Taman Nasional Way Kambas
Terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Selain di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau. Wisatawan biisa melihat secara dekat gajah – gajah sumatra dan bermain bersama mereka seharian disini.

2. Anak Gunung Krakatau
Sudah tidak dipungkiri gunung yang mempunyai sejarah dahsyat sekarang semakin bersolek. Wisata Gunung Vulkanis di selat sunda ini tak jauh dari Pelabuhan Bakauheuni. Rute penyeberangan ada di Dermaga Canti, Ketapang. Wisatawan akan diantar ke Pulau Sabesi yang cukup banyak penghuninya, selain adanya fasilitas homestay, warung dan dermaga sandar, di Sabesi juga mempunyai danau di tengah pulau. Rute tour Krakatau dimulai ke sejumlah pulau – pulau kecil yang tak berpenghuni, trekking ke Anak Gunung Krakatau yang masih aktif dan snorkling di Hidden Lagoon Krakatau.

3. Tanjung Setia
Tanjung Setia terletak di Krui, Pesisir Selatan-Lampung Barat. Jarak tempuh dari Bandar Lampung sekitar 6-7 jam perjalanan. Bagi masyarakat non pecinta surfing mungkin tidak tahu atau belum mengenal tempat ini. Tetapi, bagi pecinta olah raga selancar air ini, Tanjung Setia jangan ditanya lagi, sudah menjadi salah satu spot surfing favorit. Bagaimana tidak, Tanjung Setia yang menghadap langsung ke Samudra Hindia ini memiliki gelombang (ombak ) yang panjang dan tinggi, hingga mencapai 7 meter dengan panjang sekitar 200 meter. Pencapaian ombak tertinggi ini biasanya bisa dirasakan sejak bulan Juni-Agustus.

4. Teluk Kiluan
Teluk Kiluan berada di Kabupaten Tanggamus, sekitar 3 jam arah selatan Bandar Lampung. Kabarnya lumba-lumba di Teluk Kiluan ini ada dua jenis. Pertama berjenis lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) bersifat pemalu. Sedangkan satunya lagi lumba-lumba paruh panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dari lumba-lumba hidung botol, senang melompat-lompat. Sebaiknya datang pada saat musim kemarau sekitar bulan April-September. Di luar bulan itu, biasanya hewan mamalia ini bisa dilihat sekitar pukul 06:00 – 09:00 WIB.

5. Menara Siger
Menara Siger dengan warna kuning-merah berpendar keemasan, sudah mulai menyapa, artinya pendaratan ke Pelabuhan Bakauheni tinggal beberapa menit lagi. Jarak bangunan menyerupai topi pengantin adat wanita Lampung ini memang hanya sepelemparan batu dari Pelabuhan Bakauheni, sekitar 300 meteran arah barat pelabuhan. Ia menjulang dengan megahnya di sela-sela perbukitan Gamping pada ketinggian kurang lebih 110 meter dari permukaan laut. Kini, menara yang diresmikan sejak tahun 2008 ini menjadi ikon dan landmark Lampung.

6. Pulau Pahawang
Satu Destinasi yang sedang naik daun, yakni Pulau Pahawang yang terkenal akan spot snorkling dan ikan anemonia. Di perairan Pahawang, terutama Pahawang Besar termasuk spot diving yang menarik. Terumbu karangnya masih terpelihara, ikan-ikan hias pun berseliweran dengan cerianya menari di sela-sela karang. Diantara hewan itu ada anemon fish, cardinal fish, fox fis, damsel fish, goby fish dan masih banyak lagi. Pasir pantai Pahawang dan Kelagian pun masih putih bersih terjaga.

7. Pantai Pegadungan atau Karang Gigi Hiu
Pantai ini termasuk surga tersembunyi di Lampung. Karena aksesnya cukup jauh dan agak sulit. Terletak di Kecamatan Klumbayan, Tanggamus, tak jauh dari Teluk Kiluan. Pantai ini memang jauh dari pemukiman penduduk, pegiat fotografi sering menghabiskan senja untuk berburu foto disini.

8. Pulau Pisang
Pulau yang mulai menarik perhatian ini terletak di Pesisir Barat, Krui. Dermaga penyeberangan ke pulau ini masih tradisional, ada di jalan lintas Lampung – Bengkulu. Pulau ini memiliki sejumlah surga yang menawan, diantaranya Coral Reef untuk diving, pantai pasir putih yang masih alami, lumba – lumba di pagi hari, kearifan budaya penduduk setempat dan ombak yang cocok untuk sufing.