komodo-Kalau kalian berkesempatan wisata ke pulau ini, perhatikan beberapa tipsnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan liburan anda pun menjadi menyenangkan.

– Hindari berkunjung ke Pulau Komodo pada musim penghujan. Jalanan tanah di pulau akan menyulitkan, karena becek dan licin.

– Di pulau Komodo, tersedia semacam cafe yang disediakan pengelola. Namun jika anda ingin menikmati makan siang sebaiknya bawa makanan dari luar. Cafe hanya disediakan makanan kecil atau snack dan minuman.
Sebaiknya usahakan agar anda tidak berdarah karena penciuman komodo yang tajam membuat ia bisa merespon bau hingga 5 km.

– Perempuan yang sedang menstruasi sebaiknya melapor terlebih dahulu, sehingga bisa lebih diperhatikan dan diambil langkah antisipasi oleh para ranger.

– Saat ingin trekking, sebaiknya patuhi dan ikuti arahan dari ranger yang akan memandu setiap kelompok. Maksimal kelompok biasanya terdiri dari 5 orang dengan dipandu seorang ranger.

– Jika ingin memotret komodo lebih dekat, jangan terpisah dari rombongan dan sebaiknya memberitahu ranger, sehingga bisa diingatkan untuk menjaga jarak aman.

– Jangan menarik perhatian komodo dengan membuat gerakan tiba-tiba, karena bisa mengundang keagresifan hewan reptil ini. Bergerak perlahan dan hati-hati.

– Hindari bercanda berlebihan, berteriak dan kegiatan lain yang menimbulkan suara berisik. Usahakan jangan terlalu sering menginjak daun kdan ranting kering. Komodo yaang merasa terganggu bisa menjadi agresif.

– Ingatlah selalu, meski gerakan komodo terlihat lamban dan malas, tapi sesungguhnya bisa sangat mengejutkan. Jadi, jangan coba-coba memberi makan komodo.

– Hindari merokok karena putung rokok bisa tertelan oleh anak komodo yang iseng mengais makana. Selain itu, tanah Pulau Komodo cenderung gersang dan meranggas, karena teriknya matahri.

– Dilarang membuang sampah sembarangan. Bukan hanya karena faktor kebersihan, tetapi juga bisa membunuh komodo yang mungkin tidak sengaja menelan sampah.

– Kenakan pakaian katun dan sebaiknya berlengan panjang untuk menghindari kulit terbakar sinar matahari.
Jangan lupa kenakan krim tabir surya, membawa kacamata yang bisa melindungi mata dari radiasi matahari, dan topi.

– Jangan lupa krim antinyamuk, karena Labuan Bajo merupakan salah satu daerah endemi Malaria.