TORAJtorajaA memang cantik dan magis. Kalau Anda berniat ke sana, perhatikan lima hal di bawah ini:

  1. Upacara adat biasanya banyak dilakukan pada Bulan Desember. Jika datang di luar bulan itu, cari tahu ke penduduk setempat atau pun pemandu wisata, di desa mana ada penyelenggaraan upacara adat.
  2. Biasanya wisatawan diminta untuk memberi semacam donasi pada penyelenggara upacara adat. Bisa dalam bentuk uang serelanya, rokok, dll.
  3. Perkuburan batu dan perkuburan bayi adalah objek wisata yang wajib didatangi. Belum ke Toraja jika belum datang ke dua jenis objek wisata tersebut. Ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi, baik di Tana Roraja mau pun Toraja Utara.
  4. Akses jalan di Toraja relatif belum baik. Lebih nyaman bila menyewa mobil atau motor, sehingga bisa mausk ke pedesaan-pedesaan di atas gunung.
  5. Hati-hati memilih tempat makan. Sebagian besar restoran menjual makanan mengandung babi. Itu hal biasa di Toraja. Bertanyalah di mana tempat makan yang halal.
  6. Kopi Toraja wajib dijadikan oleh-oleh. Di lelang kopi speciality yang dilakukan dua tahun sekali, pada 2012 Kopi Toraja memecahkan record, terjual 8 x lipat dari harga normal.